Minggu, 02 Agustus 2009

RPP Bimbingan dan Konseling

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN BK
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
KEGIATAN 1 / KELAS VII

Satuan Layanan : Bimbingan Konseling
Materi Layanan :.Pengalamanku di sekolah yang baru
Pertemuan ke/waktu : 1 s/d 2 ( 2 x 45 “ )
Metode : Diskusi dan Tanya jawab
Semester/ Tapel : Ganjil / 2009 / 2010
Hari/tgl/jam ke :

A. 1. Rumusan Kompetensi :
Menyakini kaidah –kaidah ajaran agama yang dianut
2. pengembangan kompetensi :
Kaidah –kaidah ajaran agama dan kewajiban untuk menjalankannya..
B.
No
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA
( Knowledge, Skill , Attitudes )


Siswa Mampu :
1. Percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan berbuat baik kepada sesama karena ingat bahwa Tuhan selalu menyayangi dan percaya seluruh alam adalah ciptaan-Nya.
2. Berbuat baik
3. Menunjukkan sikap adil
4. menunjukan sikap percaya diri
5. Menjalin hubungan dengan sesama

B. Materi Esensial :
Menyakini kebenaran ajaran Tuhan dan ingat semua akan kembali pada-Nya.
Menyakini perbuatan baik terhadap sesama adalah hal yang sangat terpuji dimata Allah
Menyakini bahwa semua orang mempunyai perbedaan kelebihan dan kekurangannya

D. Media Belajar : 1. Pengalaman pribadi, Ceramah agama, buku-buku keagamaan , peringatan hari-hari besar keagamaan.

E. Rincia Proses Pembelajaran Siswa
No
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAPAN WAKTU
I









II













III
Pendahuluan
Motivasi : ceritakan pengalamanmu di sekolah yang baru
Pengetahuan Prasarat :
Senangkah kalian diterima di sekolah yang kalian inginkan / pilih Ungkapanperasaan anda ?
Rambu – rambu belajar :
- adanya sikap positif siswa dalam kehidupan sehari-hari
- adanya kerjasama stake holder dikalangan sekolah
- sekolah menciptakan suasana yang konduktif

Kegiatan Inti :
1. Siswa mendiskusikan pengalamannya masing-masing di sekolah yang baru ke depan kelas
2. Perwakilan dari kelompok presentase atas hasil kerjanya.
3. Diskusi kelompok dibimbing guru tentang :
pengalaman di sekolah yang baru
Dapat berkenalan dengan siswa lain dan lingkungan yang baru
Menunjukkan sikap percaya diri
Mengetahui perbedaan mata pelajaran di SD dan SMP

1. Guru Memimpin diskusi kelompok sampai menghasilkan kesimpulan sesuai indikator kompetensi.
2. Siswa mencatat hasil diskusi klasikal

Penutup :
Uji kompetensi :
- Tingkah laku peserta didik yang berkaitan dengan nilai-nilai yang dikembangkan
- Mencatat prilaku peserta didik yang positif dan negatif yang pada saat itu muncul
Tugas – tugas :
1. Menceritakan pengalaman tentang MOS di sekolah.

5 menit

5 menit




5 menit



10 menit

30 menit







20 menit

10 menit


5 menit
Memeriksa/Menyetujui Guru Bimbingan Konseling
Kepala SMP Negeri 45 RSBI

Drs. Akhmad Sumardi Dra. Sri Muryati .MM
NIP: 131 259 746 NIP:131 869 572

Naskah Asli ada pada Tim Penulis
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN BK
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
KEGIATAN 2 / KELAS VII
Satuan Layanan : Bimbingan Konseling
Materi Layanan :.Kecakapan diri kelebihan dan kekurangannya.
Pertemuan ke/waktu : ( 1 x 45 “ )
Metode : Diskusi dan Tanya jawab
Semester/ Tapel : Ganjil
Hari/tgl/jam ke :

A. 1. Rumusan kompetensi :
Memahami perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
2. Pengembangan Kompetensi :
Perubahan pisik dan psikis remaja.
B.
No
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA
( Knowledge, Skill , Attitudes )


Siswa Mampu :
1. Menyakinni dirinya sebagai pribadi yang unik
2. Membedakan kecakapan diri yang dimiliki orang tidak semua sama
3. Mengatasi kelemahan yang ada pada dirinya dan dapat mencari solusinya
4. Mengembangkan sikap positif yang ada pada diri siswa

C. Materi Esensial :
Tahu tentang potensi diri yang dimilikinya
dapat menghargai perbedaan kecakapan diri yang ada pada orang lain.
Dapat mengetahui kecakapan diri kelebihan dan kekurangannya.
Dapat berupaya tampil untuk percaya diri.

D. Media Belajar : Pengalaman pribadi, lingkungan sekitar, buku- buku yang relevan

E. Rincia Proses Pembelajaran Siswa
No
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAPAN WAKTU
I









II













III
Pendahuluan
Motivasi : Adakah potensi diri yang kamu miliki ?
Pengetahuan Prasarat :
Bagaimanakah upaya agar tampil lebih percaya diri ?
Rambu – rambu belajar :
- adanya sikap positif siswa dalam kehidupan sehari-hari
- adanya potensi diri yang dimiliki oleh siswa
- dapat mengembangkan sifat – sifat yang baik
- dapat mengintrospeksi kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri

Kegiatan Inti :
1. Siswa mendiskusikan tentang kecakapan diri dan kelebihan/kekurangannya
2. Perwakilan dari kelompok presentase atas hasil kerjanya.
3. Diskusi kelompok dibimbing guru tentang :
Menyakinni dirinya sebagai makhluk sosial mempunyai kelebihan dan kekurangan yang ada dan dapat menghargai kekurangan yang pada orang lain.
Bagaimana upaya mengembangkan upaya agar tampil percaya diri.

3. Guru memmimpin diskusi kelompok sampai menghasilkan kesimpulan sesuai indikator kompetensi.
4. Siswa mencatat hasil diskusi klasikal

Penutup :
Uji kompetensi :
- Tingkah laku peserta didik yang berkaitan dengan nilai-nilai yang dikembangkan
- Mencatat prilaku peserta didik yang positif dan negatif yang pada saat itu muncul
Tugas – tugas :
2. Dapat memberikan tanggapan /pendapat tentang berbagai kasus mengenai kecakapan diri dan potensi diri yang dimiliki oleh orang lain.


3 menit


3 menit











30 menit



3 menit


5 menit

Memeriksa/Menyetujui Guru Bimbingan Konseling
Kepala SMP Negeri 45 RSBI

Drs. Akhmad Sumardi Dra. Sri Muryati .MM
NIP: 131 259 746 NIP:131 869 572

Naskah Asli ada pada Tim Penulis


KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN BK
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009/2010
KEGIATAN 3 / KELAS VII

Satuan layanan : Bimbingan Konseling
Materi Pelayanan :. Pentingnya kesehatan tubuh
Pertemuan ke/waktu : ( 2 x 45 “ )
Metode : Diskusi dan Tanya jawab
Semester/ Tapel : Ganjil / 2007-2008
Hari/tgl/jam ke :

B. 1. Rumusan kompetensi :
Mampu menjalankan pola hidup sehat
2. Pengembangan kompetensi:
Uapaya mengembangkan pola hidup sehat
C.
No
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA
( Knowledge, Skill , Attitudes )


Siswa Mampu :
1. menjelaskan pola hidup sehat.
2. Memahami bahwa kesehatan kunci utama dalam melakukan berbagai aktivitas
3. Membedakan antara sehat fisik , sehat mental dan sehat susila
4. Mengetahui manfaat dari hidup sehat
5. Memahami akibat yang ditimbulkan jika tidak menjaga lingkungan
6. Membuat menu makanan yang dimakan kemarin apakah memenuhi kriteria makanan yang bergizi.
7. Mengembangkan skala sikap pola hidup sehat.
D. Materi Esensial :
Memahami dan mengerti bagaimana mewujudkan pola hidup sehat
Dapat berolah raga secara teratur
Dapat membuat pola makan yang memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna dengan gizi yang seimbang.
E.. Media Belajar : Pada saat kegiatan yang menggunakan metode tanya jawab,diskusi
kelompok.
F. Rincia Proses Pembelajaran Siswa
No
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAPAN WAKTU
I









II













III
Pendahuluan
Motivasi : Apakah makanan yang kamu makan kemarin di rumah memenuhi 4 sehat 5 sempurna?
Pengetahuan Prasarat :
Dapatkah kita melakukan aktivitas kegiatan jika kita tidak sehat ?
Rambu – rambu belajar :
- adanya sikap positif siswa dalam kehidupan sehari-hari
- dapat mengatasi upaya jika tidak menjaga lingkungan dengan baik
- Dapat mengambil manfaat pola hidup sehat
Kegiatan Inti :
1. Siswa mendiskusikan tentang pola hidup sehat
2. Perwakilan dari kelompok presentase atas hasil kerjanya.
3. Diskusi kelompok dibimbing guru tentang :
Mengatur pola hidup sehat dengan olah raga yang teratur dan gizi yang seimbang.
2. Manfaat yang dapat diperoleh dari pola hidup sehat
4. Guru memmimpin diskusi kelompok sampai menghasilkan kesimpulan sesuai indikator kompetensi.
5. Siswa mencatat hasil diskusi klasikal

Penutup :
Uji kompetensi :
- Tingkah laku peserta didik yang berkaitan dengan nilai-nilai yang dikembangkan
- Mencatat prilaku peserta didik yang positif dan negatif yang pada saat itu muncul
Tugas – tugas :
Mengembangkan pola hidup sehat melalui skala sikap dalam kehidupan sehari – hari



3 menit


3 menit











31 menit



3 menit


5 menit
Memeriksa/Menyetujui Guru Bimbingan Konseling
Kepala SMP Negeri 45 RSBI

Drs. Akhmad Sumardi Dra. Sri Muryati .MM
NIP: 131 259 746 NIP:131 869 572


KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN BK
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009/2010
KEGIATAN 4 / KELAS VII

Satuan Layanan : Bimbingan Konseling
Materi Layanan :. Ciri – ciri manusia yang beriman
Pertemuan ke/waktu : ( 1 x 45 “ )
Metode : Diskusi dan Tanya jawab
Semester/ Tapel : Ganjil / 2009/2010
Hari/tgl/jam ke :

A. 1. Rumusan Kompetensi :
Menjalankan hubungan sosial berdasarkan ajaran agama yang dianut
2. Pengembangan kompetensi :
Contoh – contoh hubungan sosial menurut ajaran agama
B.
No
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA
( Knowledge, Skill , Attitudes )


Siswa Mampu :
Menyebutkan ciri – ciri manusia yang beriman
membedakan perbuatan yang baik dan tidak baik
Menentukan skala sikap tentang nilai-nilai kehidupan dalam kehidupan sehari - hari
C. Materi Esensial :
1. Ciri – ciri manusia yang beriman
2. Macam – macam perbuatan baik dan tidak baik.
3. Menentukan skala sikap tentang nilai – nilai kehidupan.
D.. Media Belajar : Diintegrasikan pada saat kegiatan diskusi kelompok
E. Rincia Proses Pembelajaran Siswa
No
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAPAN WAKTU
I









II













III
Pendahuluan
Motivasi : Menyebutkan perbuatan baik dan tidak baik dalam kehidupan sehari - hari
Pengetahuan Prasarat :
Bagaimanakah membiasaan diri untuk dapat mengahargai orang lain.
Rambu – rambu belajar :
- adanya sikap positif siswa dalam kehidupan sehari-hari
- adanya kerjasama stake holder dikalangan sekolah
- orang tua sebagai pemberi suritauladan
- sekolah menciptakan suasana yang konduktif

Kegiatan Inti :
1. Siswa mendiskusikan tentang ciri – ciri manusia yang beriman
2. Perwakilan dari kelompok presentase atas hasil kerjanya.
3. Diskusi kelompok dibimbing guru tentang :
. Mengikuti kegiatan kelompok sesuai dengan pilihannya.
4. Guru memimpin diskusi kelompok sampai menghasilkan kesimpulan sesuai indikator kompetensi.
5. Siswa mencatat hasil diskusi klasikal

Penutup :
Uji kompetensi :
- Tingkah laku peserta didik yang berkaitan dengan nilai-nilai yang dikembangkan
- Mencatat prilaku peserta didik yang positif dan negatif yang pada saat itu muncul
Tugas – tugas :
Membuat laporan secara tertulis dalam pelaksanaan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.



3 menit


3 menit











30 menit



3 menit


5 menit
Memeriksa/Menyetujui Guru Bimbingan Konseling
Kepala SMP Negeri 45 RSBI

Drs. Akhmad Sumardi Dra. Sri Muryati .MM
NIP: 131 259 746 NIP:131 869 572









KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN BK
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009/2010
KEGIATAN 5 / KELAS VII

Satuan Layanan : Bimbingan Konseling
Materi Layanan :. Kegiatan Ekskul ajang kreativitas siswa
Pertemuan ke/waktu : ( 1 x 45 “ )
Metode : Diskusi dan Tanya jawab
Semester/ Tapel : Ganjil / 2009 - 2010
Hari/tgl/jam ke :
A. 1. Rumusan Kompetensi:
Menjalankan hubungan sosial berdasarkan kaidah – kaidah ajaran agam yang dianut
2. Pengembangan kompetensi :
Kegiatan ekskul sebagai ajang kreativitas siswa.
B.
No
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA
( Knowledge, Skill , Attitudes )


Siswa Mampu :
1. Menyebutkan prestasi yang pernah diraihnya baik dari bidang akademik maupun non akademik
2. Memahami kegiatan ekskul
3. Mengetahui manfaat ekskul
4. Menentukan pilihan ekskul yang diminati sesuai dengan bakat dan minatnya
C.Materi Esensial :
1. Menyebutkan prestasi yang pernah diraihnya baik dari bidang akademik maupun non akademik
Memahami kegiatan ekskul
Mengetahui manfaat ekskul
Menentukan pilihan ekskul yang diminati sesuai dengan bakat dan minatnya

D.. Media Belajar :
Diintegrasikan pada saat kegiatan Ekskul yang ada di sekolah
E. Rincia Proses Pembelajaran Siswa
No
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAPAN WAKTU
I









II













III
Pendahuluan
Motivasi : Apakah siswa mampu menentukan ekskul yang dipilihnya sesuai bakat dan minatnya ?
Pengetahuan Prasarat :
Dapat menyebutkan prestasi yang pernah diraihnya
Rambu – rambu belajar :
- adanya sikap positif siswa dalam kehidupan sehari-hari
- adanya kerjasama stake holder dikalangan sekolah
- Adanya berbagai macam kegiatan ekskul
Kegiatan Inti :
1. Siswa mendiskusikan tentang manfaat dari kegaiatan ekskul
2. Perwakilan dari kelompok presentase atas hasil kerjanya.
3. Diskusi kelompok dibimbing guru tentang :
- prestasi yang pernah diraihnya baik dari bidang akademik maupun non
- akademik
- Memahami kegiatan ekskul
- Mengetahui manfaat ekskul
- Menentukan pilihan ekskul yang diminati sesuai dengan bakat dan minatnya

Guru memimpin diskusi kelompok sampai menghasilkan kesimpulan sesuai indikator kompetensi.
4. Siswa mencatat hasil diskusi klasikal
Penutup :
Uji kompetensi :
- Tingkah laku peserta didik yang berkaitan dengan nilai-nilai yang dikembangkan
- Mencatat prilaku peserta didik yang positif dan negatif yang pada saat itu muncul
Tugas – tugas :
Mengerjakan Lembar Permainan Kreativitas Logika



3 menit


3 menit











30 menit



3 menit


5 menit
Memeriksa/Menyetujui Guru Bimbingan Konseling
Kepala SMP Negeri 45 RSBI



Drs. Akhmad Sumardi Dra. Sri Muryati .MM
NIP: 131 259 746 NIP:131 869 572




Naskah Asli ada pada Tim Penulis



KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN BK
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009 /2010
KEGIATAN 6 / KELAS VII

Satuan Layanan : Bimbingan Konseling
Materi Layanan :. Keutamaan Belajar
Pertemuan ke/waktu : ( 1 x 45 “ )
Metode : Diskusi dan Tanya jawab
Semester/ Tapel : Ganjil / 2009 - 2010
Hari/tgl/jam ke :

A. 1. Rumusan Kompetensi :
Mampu belajar secara optimal untuk bekal hidup dalam masyarakat
2. Pengembangan Kompetensi:
Sikap kebiasaan dan ketrampilan belajar secara optimal untuk bekal dalam masyarakat
B.
No
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA
( Knowledge, Skill , Attitudes )


Siswa Mampu :
1. Mengutamakan kepentingan belajar
2. Memahami sikap belajar yang dapat mendukung keberhasilan dalam belajar.
3. Memahami manfaat dari keutamaan dalam belajar.
4. Mengatasi kendala dalam melaksanakan keutamaan belajar
5. Membedakan manusia yang berilmu dengan yang tidak berilmu
6. Mengintrospeksi kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya dalam belajar

C.Materi Esensial :
- Mengutamakan kepentingan belajar
- Memahami sikap belajar yang dapat mendukung keberhasilan dalam belajar.
- Memahami manfaat dari keutamaan dalam belajar.
- Mengatasi kendala dalam melaksanakan keutamaan belajar
- Membedakan manusia yang berilmu dengan yang tidak berilmu
- Mengintrospeksi kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya dalam belajar

D.. Media Belajar :
Jadwal kegiatan sehari - hari
E. Rincia Proses Pembelajaran Siswa
No
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAPAN WAKTU
I









II













III
Pendahuluan
Motivasi : Meyebutkan hambatan dalam belajar yang dialami oleh siswa
Pengetahuan Prasarat :
Bagaimanakah siswa mengerjakan PR sesegera mungkin ( tidak menunda ) ?
Rambu – rambu belajar :
- adanya sikap positif siswa dalam kehidupan sehari-hari
- fasilitas dan prasarana baik di sekolah maupun di rumah harus mendukung agar keberhasilan belajar dapat seoptimal mungkin
- orang tua sebagai pemberi motivasi
- sekolah menciptakan suasana yang konduktif

Kegiatan Inti :
1. Siswa mendiskusikan tentang keutamaan dan sikap belajar
2. Perwakilan dari kelompok presentase atas hasil kerjanya.
3. Diskusi kelompok dibimbing guru tentang :
- Keutamaan belajar dan Sikap belajar yang mendukung agar KBM dapat
berlangsung dengan baik

Guru memimpin diskusi kelompok sampai menghasilkan kesimpulan sesuai indikator kompetensi.
4. Siswa mencatat hasil diskusi klasikal

Penutup :
Uji kompetensi :
- Tingkah laku peserta didik yang berkaitan dengan nilai-nilai yang dikembangkan
- Mencatat prilaku peserta didik yang positif dan negatif yang pada saat itu muncul
Tugas – tugas :
Membuat nilai rekapitulasi nilai dari tugas-tugas yang sudah pernah diberikan oleh guru bidang studi.


3 menit


3 menit











30 menit



3 menit


5 menit


KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN BK
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
KEGIATAN 7 / KELAS VII
Satuan Layanan : Bimbingan Konseling
Materi Layanan :. Kegiatan Belajar dan prilaku Belajar
Pertemuan ke/waktu : ( 1 x 45 “ )
Metode : Diskusi dan Tanya jawab
Semester/ Tapel : Ganjil / 2009 - 2010
Hari/tgl/jam ke :

B. 1. Rumusan Kompetensi :
Memahami pengaruh hubungan dalam kehidupan yang lebih luas terhadap kegiatan belajar
2. Pengembangan kompetensi:
Contoh pengaruh nilai dan cara berprilaku belajar dalam kehidupan

C.
No
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA
( Knowledge, Skill , Attitudes )


Siswa Mampu :
1. Melakukan kegaiatan belajar dengan baik
2. Berprilaku dengan baik dalam belajar baik di sekolah maupun di rumah.
3. Meyebutkakan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam belajar.
4. Mengatasi hambatan jika tidak melakukan kewajiban belajar dengan baik
5. Mengungkapkan berbagai kasus yang ada tentang sikap belajar dan keutamaan belajar
D Materi Esensial :
Mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
.Melakukan kegaiatan belajar dengan baik
Berprilaku dengan baik dalam belajar baik di sekolah maupun di rumah.
Meyebutkakan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam belajar.
Mengatasi hambatan jika tidak melakukan kewajiban belajar dengan baik
Mengungkapkan berbagai kasus yang ada tentang sikap belajar dan keutamaan belajar

E . Media Belajar :
Diintegrasikan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru
F. Rincia Proses Pembelajaran Siswa
No
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAPAN WAKTU
I









II













III
Pendahuluan
Motivasi : Apakah siswa terbiasa menyerahkan tugas tepat waktu ?
Pengetahuan Prasarat :
Bagaimanakah usaha siswa mengerjakan tugas dengan usaha sendiri ?
Rambu – rambu belajar :
- adanya sikap positif siswa dalam kehidupan sehari-hari
- adanya kerjasama stake holder dikalangan sekolah
- orang tua sebagai pemberi suritauladan
- sekolah menciptakan suasana yang konduktif

Kegiatan Inti :
1. Siswa mendiskusikan tentang keutamaan dan sikap belajar yang baik
2. Perwakilan dari kelompok presentase atas hasil kerjanya.
3. Diskusi kelompok dibimbing guru tentang :
4. .Melakukan kegaiatan belajar dengan baik
5. Berprilaku dengan baik dalam belajar baik di sekolah maupun di rumah.
6. Meyebutkakan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam belajar.
7. Mengatasi hambatan jika tidak melakukan kewajiban belajar dengan baik
8. Mengungkapkan berbagai kasus yang ada tentang sikap belajar dan keutamaan belajar

- Guru memimpin diskusi kelompok sampai menghasilkan kesimpulan sesuai indikator kompetensi.
9. Siswa mencatat hasil diskusi klasikal

Penutup :
Uji kompetensi :
- Tingkah laku peserta didik yang berkaitan dengan nilai-nilai yang dikembangkan
- Mencatat prilaku peserta didik yang positif dan negatif yang pada saat itu muncul
Tugas – tugas :
Mengerjakan tugas 1 dan 2 dan 3 pada LKS BK kegiatan 7

3 menit


3 menit











31 menit



3 menit


5 menit
Memeriksa/Menyetujui Guru Bimbingan Konseling
Kepala SMP Negeri 45 RSBI

Drs. Akhmad Sumardi Dra. Sri Muryati .MM
NIP: 131 259 746 NIP:131 869 572
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN BK
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009 - 2010
KEGIATAN 8 /KELAS VII
Satuan layanan : Bimbingan Konseling
Materi Layanan :. Keterbukaan
Pertemuan ke/waktu : ( 1 x 45 “ )
Metode : Diskusi dan Tanya jawab
Semester/ Tapel : Ganjil / 2009 - 2010
Hari/tgl/jam ke :

A. 1. Rumusan Kompetensi :
Memahami kemampuan bakat , minat terhadap karier
2.Pengembangan Kompetensi :
Contoh – contoh pengaruh kemampuan bakat dan minat terhadap karier.
B.
No
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA
( Knowledge, Skill , Attitudes )


Siswa Mampu :
1. Memahami potensi diri.
2. Mengerti tentang karier yang diminatinya.
3. Memilih mata pelajaran yang disukai dan kurang disukai dan dan dapat mengatasi solusinya.

C Materi Esensial :
Memahami potensi diri.
Mengerti tentang karier yang diminatinya.
Memilih mata pelajaran yang disukai dan kurang disukai dan dan dapat mengatasi solusinya
D . Media Belajar :
Ruang Osis dan ruang ketrampilan.

E. Rincia Proses Pembelajaran Siswa
No
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAPAN WAKTU
I









II













III
Pendahuluan
Motivasi : Apa yang dimaksud dengan karier ?
Pengetahuan Prasarat :
Dapatkah kalian menentukan karier anda sendiri sesuai dengan bakat dan minatmu ?
Rambu – rambu belajar :
- adanya sikap positif siswa dalam kehidupan sehari-hari
- adanya kerjasama stake holder dikalangan sekolah
- orang tua sebagai pemberi motivasi dalam membimbing karier anaknya
- sekolah menciptakan suasana yang konduktif

Kegiatan Inti :
Siswa mendiskusikan tentang potensi diri yang dapat mendukung kariernya
Perwakilan dari kelompok presentase atas hasil kerjanya.
Diskusi kelompok dibimbing guru tentang :
- Mengungkapkan gagasan/ pendapat termasuk pendapat yang berbeda dengan teman atau guru
Guru memimpin diskusi kelompok sampai menghasilkan kesimpulan sesuai indikator kompetensi.
Siswa mencatat hasil diskusi klasikal

Penutup :
Uji kompetensi :
- Tingkah laku peserta didik yang berkaitan dengan nilai-nilai yang dikembangkan
- Mencatat prilaku peserta didik yang positif dan negatif yang pada saat itu muncul
Tugas – tugas :
Membuat kliping tentang lowongan pekerjaan


3 menit


3 menit











31 menit



3 menit


5 menit
Memeriksa/Menyetujui Guru Bimbingan Konseling
Kepala SMP Negeri 45 RSBI



Drs. Akhmad Sumardi Dra. Sri Muryati .MM
NIP: 131 259 746 NIP:131 869 572









KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN BK
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010
KEGIATAN 9 / KELAS VII

Satuan layanan : Bimbingan Konseling
Materi layanan :. Mengendalikan diri
Pertemuan ke/waktu : ( 1 x 45 “ )
Metode : Diskusi dan Tanya jawab
Semester/ Tapel : Ganjil / 2009- 2010
Hari/tgl/jam ke :
A. 1. Rumusan Kompetensi :
Mampu mengekspresikan berbagai karier termasuk karier dalam bidang seni
2. Pengembangan Kompetnsi :
Identifikasi arah kecederungan karier sendiri
B.
No
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA
( Knowledge, Skill , Attitudes )


Siswa Mampu :
Berusaha menjadi yang terbaik
menjadi remaja yang berprilaku baik
mmengatasi hambatan – hambatan dalam belajarnya.

C Materi Esensial :
Berusaha menjadi yang terbaik
menjadi remaja yang berprilaku baik
mmengatasi hambatan – hambatan dalam belajarnya.

D . Media Belajar :
Dengan teman sebangku
E. Rincia Proses Pembelajaran Siswa
No
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAPAN WAKTU
I








II














III
Pendahuluan
Motivasi : Dapatkah anda berusaha menjadi remaja yang berprilaku baik ?
Pengetahuan Prasarat :
Dapatkah anda berlomba-lomba menjadi yang terbaik ?
Rambu – rambu belajar :
- adanya sikap positif siswa dalam kehidupan sehari-hari
- adanya hubungan yang baik dengan sesama teman
- orang tua sebagai pemberi suritauladan
- sekolah menciptakan suasana yang konduktif
Kegiatan Inti :
1. Siswa mendiskusikan tentangRemaja yang berprilaku unggul dan mejadi yang terbaik
2. Perwakilan dari kelompok presentase atas hasil kerjanya.
3. Diskusi kelompok dibimbing guru tentang :
Berusaha menjadi yang terbaik
menjadi remaja yang berprilaku baik
mengatasi hambatan – hambatan dalam belajarnya

Guru memimpin diskusi kelompok sampai menghasilkan kesimpulan sesuai indikator kompetensi.
1. Siswa mencatat hasil diskusi klasikal

Penutup :
Uji kompetensi :
- Tingkah laku peserta didik yang berkaitan dengan nilai-nilai yang dikembangkan
- Mencatat prilaku peserta didik yang positif dan negatif yang pada saat itu muncul
Tugas – tugas :
Sosiodrama dengan teman sebangku tentang prilaku remaja yang baik



3 menit


3 menit











31 menit



3 menit


5 menit
Memeriksa/Menyetujui Guru Bimbingan Konseling
Kepala SMP Negeri 45 RSBI

Drs. Akhmad Sumardi Dra. Sri Muryati .MM
NIP: 131 259 746 NIP:131 869 572

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar