Minggu, 02 Agustus 2009

Silabus BK

( Sudah Direvisi ) SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KOMPETENSI
Nama Sekolah : SMP Negeri 45 Jakarta
Kelas/Semester :VII,VIII,IX
Tahun Pelajaran : 2007/2008

Sub Tugas Perkembangan : 1. Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.

Bidang Bimbingann
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Pernilaian
Keterangan
Bimbingan Pribadi

1. Memahami secara lebih luas mendalam kaidah-kaidah ajaran agama yang dianut.
2. Menyakini kaidah ajaran agama yang dianutnya
3. Menjalankan kaidah ajaran agama yang dianutnya
Kaidah-kaidah ajaran agama dan kewajiban untuk menjalankan

Pokok-pokok keyakinan ajaran agama yang dianutnya
Pratek menjalankan agama
VII.VIII.IX
Orientasi
Informasi
Pembelajaran
Aplikasi Instrumen,Himpunan data
Jangka pendek

Jangka pendek
Bekerjasama dengan guru agama
Bimbingan Sosial
1. Memahami pentingnya hubungan sosial sesuai dengan kaidah-kaidah ajaran agama.
2. Menjalankan hubungan sosial berdasarkan kaidah-kaidah ajaran agama yang dianut dan budaya lingkungan setempat
Contoh-contoh hubungan sosial menurut ajaran agama.saling menghormati,tolong menolong.
Pratek hubungan sosial berdasarkan ajaran agama,contoh mengunjungi orang sakit
VII.VIII.IX
Orientasi
Informasi
Pembelajaran
Konseling perorangan
Bimb Kelompok
Himpunan
Data
Semua tahap pernilaian
Bekerjasama dengan guru agama.
Bimbingan Belajar
1. Memahami kaidah-kaidan ajaran agama tentang belajar.
2. Mewujudkan kegiatan belajar sesuai dengan kaidah-kaidah ajaran agamadan tuntutan masa depan
Contoh-contoh kegiatan belajar menurut ajaran agama
Pratik kegiatan belajar menurut ajaran agama
VII.VIII.IX
Informasi
Pembelajaran
Bim Kelompok
Kons Perorangan
Himpunan data
Semua tahap pernialaian
Bekerjasama dengan guru agama
Bimbingan Karier
1. Memahami pentingnya kaidah-kaidah agama dalam pengembangan karier sesuai dengan kemandirian.
2. Menjalankan kaidah-kaidah agama dalam pengarahan diri untuk pengembangan karier.
a)Konsep karir sesuai ajaran agama
b)Contoh-contoh pengembangan menurut ajaran agama.
Pratik kegiatan bekerja yang mengarah pengembangan karier menurut ajaran agama
VII.VIII


IX
Informasi
Pembelajaran
Bim Kelompok
Kons Perorangan
Himpunan data
Semua tahap pernialaian
Bekerjasama dengan guru agama





SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KOMPETENSI
Nama Sekolah : SMP Negeri 45 Jakarta
Kelas/Semester VII ,VIII :IX
Tahun Pelajaran : 2007/2008

Sub Tugas Perkembangan : 2 . Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan pisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat

Bidang Bimbingann
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Pernilaian
Keterangan
Bimbingan Pribadi

1. Memahami perubagahn fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri.
2. Mampu menerima perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
3. Memahami pola hidup sehat
4. Mampu menjalankan pola hidup sehat secara ekonomi
Perubahan fisik dan psikis remaja

Sikap penerimaaan terhadap perubahan fisik dan psikis beserta contoh
a. Contoh pola hidup sehat
b. Konsep pola hidup sehat
a. Upaya mengembangkan pola hidup sehat.
b. Pratik pengembangan hidup sehat.
VII.VIII.IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian
Bekerjasama dengan guru pendidikan Jasmani dan guru Biologi
Bimbingan Sosial
Memahami bahwa perubahan fisik dan psikis mempengaruhi hubungan sosial.
Mampu bersikap empati terhadap sesama semaja.


1a). Pengaruh perubahan fisik dan psikis terhadap hub sosial
1b) Pengaruh positif dan negatif perubahan fisik dan psikis terhadap hubungan sosial.
2a)Konsep empati
a. Contoh-contoh empati terhadap orang yang sedang mengalami perubahan fisik dan psikis.
b. Pratik bersikap empati terhadap orang yang sedang mengalami perubahan fisik dan psikis.
VII.VIII.IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian
Bekerjasama dengan guru pendidikan Jasmani dan guru Biologi
Bimbingan Belajar
1. Memahami pengaruh perubahan fisik terhadap kegiatan belajar
2. Mampu mengatasi kesulitan yang terjadi akibat perubahan fisik dan psikis dalam kegiatan belajar
Pengaruh perubahan fisik dan psikis terhadap kegiatan belajar beserta contoh-contohnya.
a. Beberapa cara mengatasi kesulitan yang terjadi akibat perubahan fisik dan psikis dalam kegiatan belajar.
b. Pratik mengatasi kesulitan yang terjadi akibat perubahan fisik dan psikis dalam kegiatan belajar.
VII.VIII.IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian
Bekerjasama dengan guru pendidikan Jasmani dan guru Biologi
Bimbingan Karier
1. Memahami bahwa kondisi fisik dan psikis mempengaruhi penngembangan persiapan karier.
2. Mampu mengembangkan kondisi fisik dan psikis yang sehat untuk pengembangan karier
Pengaruh perubahan fisik dan psikis terhadap pengembangan persiapan karier beserta contoh-contoh.
a. Cara –cara mengemabngakan kondisi fisik dan psikis yang sehat untuk pengembangan karier.
b. Pratik mengupayakan kondisi fisik dan psikis yang sehat untuk pengembangan karier.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian
Bekerjasama dengan guru pendidikan Jasmani dan guru Biologi


























SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KOMPETENSI
Nama Sekolah : SMP Negeri 45 Jakarta
Kelas/Semester : VII,VIII ,IX
Tahun Pelajaran : 2007/2008

Sub Tugas Perkembangan : 3. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam perannya sebagai laki-laki atau perempuan

Bidang Bimbingann
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Pernilaian
Keterangan
Bimbingan Pribadi

1. Memahami peran pribadi dalam kelompok sebaya sebagai laki-laki atau perempuan
2. Mampu menerima peran pribadi dalam kelompok sebaya sebagai laki-laki atau perempuan
3. Mampu menjalankan peran pribadi dalam kelompok sebaya sebagai laki-laki atau perempuan
Peran pribadi dalam kelompok sebaya sebagai laki-laki atau perempuan
Contoh-contoh penerimaan peran pribadi sebagai laki-laki atau perempuan dalam kelompok sebaya tanpa membedakan satu sama lainnya.
Pratik menjal;ankan peran pribadi dalam kelompok sebaya sebagai laki-laki atau perempuan pada posisi tertentu.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Sosial
1. Memahami pola hubungan sosial dengan teman sebaya dalam perannya sebagai laki-alaki atau perempuan.
2. Mampu menjalin hubungan sosial dengan teman sebaya sesuai perannya sebagai laki-laki atau perempuan
Pola hubungan sosial teman sebaya dalam perannya sebagai laki-laki atau perempuan.
a. Contoh-contoh pola hubungan sosial dengan teman sebaya tanpa membedakan peran laki-laki atau perempuan pada posisi tertentu.
b. Pratik menjalankan pola hubungan sosial dengan teman sebaya tanpa membedakan laki-laki atau perempuan pada posisi tertentu.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Belajar
1. Memahami pengaruh teman sebaya terhadap kegaiatn belajar.
2. Mampu wewujudkan pengaruh positif dan menghindari pengaruh negatif dari hubungan sebaya terhadap kegiatan belajar.
Pengaruh teman sebaya terhadap kegiatan belajar baik positif maupun negatif.
a. Pratik pengembangan pengaruh positif hubungan teman sebaya terhadap kegiatan belajar.
b. Cara-cara menghindari dan mengatasi pengaruh negatif hubungan teman sebaya terhadap kegiatan belajar.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Karier
1. Memanfaatkan hubungan teman sebaya dalam upaya pengembangan persiapan karier.





2. Memahami bahwa laki-laki atau perempuan mempunyai kedudukan yang sama dalam bekerja dan mengembangkan karier

a. Contoh-contoh kemanfaatan hubungan teman sebaya dalam upaya pengembangan persiapan karier.
b. Pratik pemanfaatan hubungan teman sebaya dalam upaya pengembangan karier

Konsep persamaan gender dalam pilihan dan pengembangan karier
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian
























SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KOMPETENSI
Nama Sekolah : SMP Negeri 45 Jakarta
Kelas/Semester : VII ,VIII,IX
Tahun Pelajaran : 2007/2008

Sub Tugas Perkembangan : 4. Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas.

Bidang Bimbingann
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Pernilaian
Keterangan
Bimbingan Pribadi

1. Memahami nilai dan cara-cara berprilaku pribadi dalam kehidupan yang lebih luas
2. Memahami nilai dan cara berprilaku pribadi dalam kehidupan yang lebih luas.
1). Nilai-nilai dan cara berprilaku dalam kehidupan yang lebih luas.
2). Penerapan nilai dan cara berprilaku dalam kehidupan yang lebih luas
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Sosial
1. Memahami nilai-nilai dan cara-cara berprilaku sosial dalam kehidupan yang lebih luas
2. Mampu menerapkan nilai dan cara berprilaku sosial dalam kehidupan yang lebih luas
Contoh-contoh nilai dan cara berprilaku sosial dalam kehidupan di luar kelompok sebaya.
Penerapan nilai dan cara berprilaku sosial dalam kehidupan di luar kelompok sebaya.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Belajar
1. Memahami pengaruh hubungan dalam kehidupan yang lebih luas terhadap kegiatan belajar
2. Mewujudkan pengaruh positif dan menghindari pengaruh negatif dari hubungan kehidupan yang lebih luas terhadap kegiatan belajar.
Pengaruh nilai dan cara berprilaku dalam kehidupan yang lebih luas terhadap kegiatan belajar
Pratik mengembangkan pengaruh yang positif terhadap kegiatan belajar.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Karier
1. Mehamai kaitan antara nilai dan cara bertingkah laku dalam bekerja.



2. Mampu memanfaatkan hubungan dalam kehidupan yang lebih luas untuk pengembangan karier.

keterkaitan antara bertingkah laku dalam kehidupan yang lebih luas terhadap kondisi kerja dan pengembangan karier.

Pratik mewujudkan hubungan yang baik anatara nilai karir cara berprilaku terhadap pengembangan karier

VII,VIII IX






VII,VIII,IX
Semua jenis layanan






Semua jenis layanan
Semua kegiatan pen
Dukung




Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian






Semua tahap pernilaian


SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KOMPETENSI
Nama Sekolah : SMP Negeri 45 Jakarta
Kelas/Semester : VII, VIII,IX
Tahun Pelajaran : 2007/2008

Sub Tugas Perkembangan : 5. Mengenal kemampuan bakat, minat serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni

Bidang Bimbingann
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Pernilaian
Keterangan
Bimbingan Pribadi

1. Memahami kemampuan bakat, minat yang dimiliki.


2. Memahami arah kecenderungan karier dengan bakat dan minat

3. Memahami arah apresiasi seni
a. Konsep kemampuan bakat, minat karie dan apresiasi seni.
b. Identifikasi kemampuan bakat,minat karier dan seni.
2.Identifikasi kecenderungan arah karir sesuai dengan kemampuan bakat minat
3.Mengekspresikan arah seni (rupa,lukis,suara dll) tanpa terikat pada kemampuan bakat dan minat sendiri.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Sosial
1. Memahami kemampuan bakat,minat dan kemampuan dalam kehidupan sosial.
2. mampu memahami arah kecenderungan karir dalam kehidupan sosial.

3. Mampu memahami arah Apresiasi seni dan kehidupan sosial
Kemampuan bakat,minat berkaitan dengan kehidupan sosial.

Contoh2 pengembangan karir berkaitan dengan kemampuan sosial dan perkembangan dunia kerja dilingkungan setempat.
Contoh-contoh apresiasi seni berkaitan dengan kehidupan sosial.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Belajar
Mampu menerapkan pengaruh positif pada kemampuan bakat dan minat terhadap kegiatan belajar.





2. Mampu menerapkan pengaruh positif kecenderungan karir terhadap kegiatan belajar.




3. Mampu menerapkan pengaruh positif apresiasi seni terhadap kegiatan belajar.




a. pengaruh positif kemampuan bakat minat sendiri terhadap kegiatan belajar.
b. dan penerapan pengembangan pengaruh positif kemampuan bakat,minat sendiri terhadap kegiatan belajar.
a. pengaruh positif kecenderungan karie terhadap kegiatan belajar.
b. penerapan pengembangan pengaruh positif kecenderungan karir terhadap kegiatan belajar.
pengaruh positif apresiasi seni terhadap kegiatan belajar.
Penerapan apresiasi seni terhadap kegiatan belajar
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Karier
1. Memahami pengaruh kemampuan bakat,minat terhadap karier.

2. Mampu mengarahkan kecenderungan karir sendiri dengan kemampuan bakat,minat
3. Mampu mengapresiasi seni pada kecenderungan karier.
pengaruh kemampuan bakat dan minat terhadap karier.
Penerapan apresiasi seni terhadap kegiatan belajar.
2) Identifikasi arah kecenderungan karier sendiri sesuai dengan kemampuan bakat dan minat.
3)Identifikasi apresiasi jenis karier termasuk karir dalam bidang seni tanpa terikat pada kemampuan bakat dan minat sendiri.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian



















SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KOMPETENSI
Nama Sekolah : SMP Negeri 45 Jakarta
Kelas/Semester :VII,VIII,IX
Tahun Pelajaran : 2007/2008

Sub Tugas Perkembangan : 6. Mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan mempersiapkan karier.

Bidang Bimbingann
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Pernilaian
Keterangan
Bimbingan Pribadi

1. Memiliki kesadaran dan dorongan kuat untuk memperoleh pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan program sekolah.
2. Memiliki kesadaran dan dorongan untuk melanjutkan pelajaran pada tingkat yang lebih tinggi.
3. Memiliki kesadaran dan dorongan untuk mempersiapkan karier yang sesuai bagi dirinya.
4. Memiliki kesadaran dan dorongan untuk berperan aktif dalam kehidupan masyarakat
Memotivasi dan semangat untuk memperoleh pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan program sekolah.
Motivasi dan semangat untuk melanjutkan pelajaran pada tingkat yang lebih tinggi.
Motivasi dan semangat untuk mempersiapkan arah karier yang sesuai bagi dirinya.
Motivasi dan semangat untuk berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Sosial
1. Memahami dan mewujudkan nilai-nilai sosial yang berlaku dalam masyarakat.

2. Mampu mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat.
3. Mampu memahami dan mewujudkan nilai-nilai sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
a. Nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat.
b. Nilai –nilai sosial dalam kelompok remaja.
Pengetahuan dan ketrampilan yang sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat.

a. Contoh-contoh nilai sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
b. Penerapan nilai-nilai sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Belajar
1. Memahami cara-cara belajar dengan menggunakan sumber-sumber yang bervariasi.


2. Mampu belajar secara optimal sebagai bekal bagi program pelajaran lebih lanjut.





3. Mampu belajar secara optimal unyuk pengembangan mempersiapkan karir







4. Mampu belajar secara optimal untuk bekal hidup dalam masyarakat.

a. Sumber-sumber belajar.
b. Cara belajar dengan menggunakan sumber belajar yang bervariasi.

a. Sikap kebiasaan dan ketrampilan belajar yang optimal sebagai bekal bagi program pelajaran lebih lanjut.
b. Pratik pengembangan sikap,kebiasaan dan ketrampilan belajar secara optimal.
a. Sikap kebiasaan dan ketrampilan belajar secara optimal untuk pengembangan mempersiapkan karir.
b. Pratik pengembangan kebiasaan dan ketrampilan secara optimal untuk pengembangan mempersiapkan karir.
a. Sikap kebiasaan dan ketrampilan belajar secara optimal untuk bekal dalam masyarakat.
b. Pratik pengembangan sikap kebiasaan dan ketrampilan belajar secara optimal untuk hidup dalam masyarakat.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Karier
1. Mampu mengkaitkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh di SMP dengan karier tertentu.
2. Mampu mengkaitkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh di SMP dengan arah pengembangan karier tertentu.
3. Mampu menyelenggarakan pengembangan persiapan karier.
4. Mampu mengetahui jenis-jenis karier yang ada.

Keterkaitan pengetahuan dan ketrampilan program SMP dalam karier-karier tertentu.
Keterkaitan pengetahuan dan ketrampilan program SMP dengan arah pengembangan karier yang diinginkan.
Identifikasi yang diinginkan serta persyaratannya.
a. Jenis-jenis jabatan.
b. Persyaratan-persyaratan karier.
c. Pengembangan karier.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian


SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KOMPETENSI
Nama Sekolah : SMP Negeri 45 Jakarta
Kelas/Semester : VII,VIII dan IX
Tahun Pelajaran : 2007/2008

Sub Tugas Perkembangan : 7. Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional,sosial dan ekonomi.

Bidang Bimbingann
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Pernilaian
Keterangan
Bimbingan Pribadi

1. Memiliki gambaran tentang kehidupan mandiri secara emosional,sosial dan ekonomi.
2. Memliki gambaran tentang sikap yang seharusnya diambil dalam kehidupan mandiri secara emosional,sosial dan ekonomi.
3. Mampu memiliki kesadaran dan dorongan untuk melaksanakan sikap dasar dalam kehidupan mandiri secara emosional ,sosial dan ekonomi.
Konsep kehidupan mandiri secara emosional sosial dan ekonomi.

Sikap yang diperlukan dalam kehidupan mandiri secara emosional dan ekonomi beserta contoh.
Moticasi untuk melaksanakan sikap dasar dalam kehidupan mandiri emosional sosial dan ekonomi.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Sosial
1. Memahami nilai-nilai sosial dalam menadiri secara emosional,sosial dan ekonomi.
2. Mampu mewujudkan sikap dalam hubungan sosial berkenaan dengan kehidupan secara emosional,sosial dan ekonomi.
Nilai-nilai sosial dalam kehidupan mandiri secara emosional dan ekonomi.
a. Cara-cara bersikap dalam hubungan sosial berkenaan dengan kehidupan mandiri secara emosional,sosial dan ekonomi.
b. Pratik cara bersikap dalam hubungan sosial berkenaan dengan kehidupan mandiri secara emosional sosial dan ekonomi.
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Belajar
1. Memahami pengeruh positif dan gambaran kehidupan mandiri dalam kegiatan belajar.
2. Mampu mewujudkan pengaruh positif dari gambaran kehidupan mandiri dalam kegiatan belajar.
Pengaruh positif dari gambaran kehidupan mandiri dalam kegiatan belajar.
Cara-cara mewujudkan pengaruh positif dari gambaran kehidupan mandiri dalam kegiatan belajar,sosial dan ekonomi
VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Karier
1. Memahami kehidupan karier sesuai dengan gambaran tentang kehidupan mandiri secara emosional sosial dan ekonomi.
2. Mampu mewujudkan sikap dasar dalam pengembangan karier untuk kehidupan mandiri.
Kehidupan karier sesuai dengan gambaran tentang kehidupan mandiri secara emosional serta penerapannya
Cara-cara mewujudkan sikap dasar dalam pengembangan karier untuk kehidupan mandiri serta penerapannya.

VII.VIII


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian































SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KOMPETENSI
Nama Sekolah : SMP Negeri 45 Jakarta
Kelas/Semester :VII,VIII,IX
Tahun Pelajaran : 2007/2008

Sub Tugas Perkembangan : 8. Mengenal sistem etika dan nilai-niali pedoman hidup sebagai pribadi,anggota masyarakat dan warga negara.

Bidang Bimbingann
Rumusan Kompetensi
Materi Pengembangan Kompetensi
Kelas
Kegiatan Layanan
Kegiatan Pendukung
Pernilaian
Keterangan
Bimbingan Pribadi

1. Memiliki kesadaran perilaku sistem etika dan niali bagi pedoman hidup sebagai pribadi dan anggota masyarakat.

2. Mampu memliki dorongan yang kuat untuk berprilaku sesuai dengan etika dan nilai pedoman hidup sebagai pribadi dan anggota masyarakat.

Konsep dan contoh-contoh sistem etika dan nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi dan anggota masyarakat.
Motivasi untuk berprilaku sesuai dengan sistem etika dan nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi dan anggota masyarakat.



IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Sosial
1. Memahami nilai-nilai sosial sebagai pribadi anggota masyarakat dan warga negara.

2. Mampu menerapkan nilai-nilai sebagai pedoman hidup,pribadi dan anggota masyarakat dan warga negara.
Nilai-nilai sosial sebagai pribadi anggota masyarakat dan Warga negara.

Penerapan nilai-nilai sosial sebagai pedoman hidup pribadi anggota masyarakat dan Warga Negara



IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Belajar
1. Memahami keterkaitan etika dan nilai-nilai sebagai pribadi ,anggota masyarakat dan warga negara dalam kegiatan belajar.
2. Mampu menerapkan etika dan nilai-nilai sebagai pribadi,anggota masyarakat dan warga negar dalam kegiatan belajar.

Keterkaitan etika dan nilai-nilai pribadi anggota amsyarakat dan Warga Negara dalam kegiatan belajar.
Penerapan etika dan nilai-nilai pribadi anggota masyarakat dan WN dalam kegiatan belajar



IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Bimbingan Karier
Mampu menerapkan etika dan nilai-nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karier
penerapan sistem etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karier.


IX
Semua jenis layanan
Semua kegiatan pendukung
Semua tahap pernialaian

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar